Oleh: macandunia | 16 72008pUTC11bUTCSun, 09 Nov 2008 09:02:40 +0000 2008

Islam dan Perubahan Sosial

Islam dan Perubahan Sosial

Oleh : Yudi Hermawan, S. Psi (Alumni Universitas Mercu Buana Yogya)

Sebagai satu-satunya agama yang diridhoi Allah S.W.T., Islam mengajarkan hal-hal yang benar, pedoman hidup , acuan dan kerangka tata nilai kehidupan. Memahami islam sebagai pedoman hidup, harus terkait satu bagian dengan bagian yang lainnya.sebagai tatanan nilai. Islam tidaklah sekedar baik sebagai landasan etis dan moral, tetapi ajarannya sangat bersifat operasional dan aplikatif dalam segala segi kehidupan. Ajaran islam bukan saja mendorong untuk mencari dan mengembangkan berbagai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga mendorongnya untuk mengamalkan ilmu itu ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

Islam juga agama yang menghendaki perubahan, mengeluarkan umat manusia dari zaman kegelapan dan kedzaliman menuju kehidupan yang terang-benerang. Ada tiga macam kegelapan dan kedzaliman, yaitu ketidaktahuan tentang syariat, pelangggaran atas syariat Allah, dan penindasan. Islam diturunkan untuk membebaskan manusia dari kehidupan yang penuh dengan kemaksiatan menuju pemahaman tentang halal haram, baik buruk, apa yang sepatutnya dilakukan, dan apa yang tidak sepatutnya dilakukan. Islam juga diturunkan untuk kehidupan yang penuh belenggu dan penindasan menuju kehidupan yang penuh dengan kebebasan, dimana manusia dihargai sebagai makhluk yang mempunyai derajad dan kedudukan yang sama dihadapan Allah S.W.T. Yang membedakan manusia dimata Allah adalah ketaqwaan kepadaNya. Ini pula yang menjadi misi dari ajaran agama islam.

Perubahan Sosial

Perubahan sosial adalah perbedaan antara kondisi sekarang dan kondisi sebelumnya terhadap aspek-aspek dari struktur sosial. Perubahan sosial setidaknya dapat terkait beberapa hal sebagai berikut : perkembangan tekonologi, konflik sosial (suku, agama, ras, dan kelas sebagaimana tesis marx), kebutuhan adaptasi dalam sistem social.

Contoh birokrasi efektif sebagai respon terhadap lingkungan yang kompetitif), dan pengaruh dari idealisme dan idiologi pada aktivitas sosial. Dalam ilmu sosiologi disebutkan ada dua pandangan tentang perubahan, yaitu pandangan materialistik yang meyakini bahwa tatanan masyarakat sangat dipengaruhi oleh manusia dan benda. Pandangan kedua adalah pandangan idealistik yang menekankan peranan ide, ideologi, atau nilai-nilai yang mempengaruhi perubahan.dalam kaitannya materi kali ini, pandangan kedua inilah yang lebih tepat dalam pandangan islam. Karena sasaran perubahan kita adalah manusia dan ideologi yang kita bawa dalam islam. Dalam melakukan perubahan sosial kita harus melalui beberapa tahapan sebagai berikut: Mewujudkan pribadi muslim yang diridloi Allah, yaitu pribadi muslim yang sempurna, yang penuh moralitas iman, islam, taqwa, dan ihsan. Mewujudkan rumah tangga islami dan keluarga islami yang diridloi Allah, yaitu rumah tangga yang sakinah, mawadah, dan waramah. Mewujudkan masyarakat dan lingkungan islami, yaitu lingkungan yang kondusif dan layak menerima berkah Allah, karena warganya beriman dan bertaqwa. Mewujudkan negara yang diridloi Allah yaitu suatu negara yang membela kepentingan umat islam dan meyerukan rakyatnya untuk berbuat kebaikan dan selalu tunduk pada penciptaNya. Mewujudkan peradaban dunia yang diridloi Allah dengan kepemimpinan islam atas alam.

Dalam melakukan perubahan generasi muda islam harus aktif dalam bergerak untuk mewujudkan sebuah impian menuju tatanan dunia baru yang islami. Alangkah indahnya seandainya negara atau dunia bisa menerapkan syariat islam, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah. Sehinga keadaan umat islam tidak seperti sekarang, selalu dipermainkan oleh musuh-musuhnya tanpa bisa memberikan perlawanan dan pembelaan yang berarti. Banyak saudara-saudara kita yang masih teraniaya oleh kaum yahudi dan nasrani, Untuk itu KAMMI sebagai gerakan muda islam harus bangkit dan bergerak guna mencapai cita-cita tersebut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: